Thursday, December 28, 2006

Teknologi Ekstraksi Pikokoloid Dari Rumput Laut

Industri pengolahan rumput laut di Indonesia merupakan salah satu jenis agroindustri penting dengan potensi yang besar. Jenis-jenis rumput laut di Indonesia terdapat 555 jenis dengan beberapa jenis potensial pada saat ini seperti : Gracilaria sp., Gelidium sp., Hypnea sp., Eucheuma sp., Turbinaria sp., dan Sargassum sp. Namun demikian perkembangan industri pengolahan rumput laut menunjukkan kondisi yang belum menggembirakan. Hal ini disebabkan karena banyak hal termasuk salah satu diantaranya adalah mutu produk yang dihasilkan belum dapat menyaingi kualitas mutu produk dari luar. Mutu produk ini disebabkan oleh : lingkungan tempat hidup rumput laut, umur panen, teknologi penanganan bahan baku dan teknologi ekstraksi senyawa pikokoloidnya. Dalam hal ini telah tersedia ekstraksi pikokoloid penghasil agar-agar yang sederhana, karaginan dan alginat di Indonesia. Penelitian Perikanan Laut Slipi yang diharapkan dapat memberikan masukkan terhadap teknologi yang selama ini telah ada dan perbaikan terhadap mutu produk yang dihasilkan sehingga dapat meningkatkan mutu pikokoloid produk Indonesia.


Rosmawaty Peranginangin dan Yunizal, 1999. Teknologi Ekstraksi Pikokoloid Dari Rumput Laut. Prosidings Pra Kipnas VII Forum Komunikasi I Ikatan Fikologi Indonesia (IFI). Serpong Gedung DRN, Puspitek, 8 September 1999. Halaman : 135 – 154.

1 comment:

LOUIS OCTARINA said...

sore pak yunizal, saya rina. sy tertarik dengan tulisan bapak mengenai alginate dan daur ulangnya. Saya menggunakan alginate untuk bahan cetak kedokteran gigi. Pertanyyaan saya, Apakah bahan cetak kedokteran gigi tersebut dapat di daur ulang setelah dipakai untuk menjadi bahan yang lebi berguna? Terima kasih