Thursday, December 28, 2006

Pengaruh Kadar Asam Klorida dan Sodium Hidroksida Serta Waktu Perendaman Rumput Laut Sargassum ilicifolium Terhadap Mutu Dan Rendemen Natrium Alginat

Suatu penelitian mengenai pengaruh perendaman rumput laut coklat dalam larutan HCl dan NaOH terhadap mutu natrium alginata yang diektrak dari rumput laut coklat Sargassum ilicifolium telah dilakuan. Pada tahap penapisan, rumput laut coklat direndam dalam larutan HCl 0.5% dan 1% kemudian dilanjutkan perendamannya dalam larutan NaOH 0.5% dan 1% dan waktu perendaman untuk keduanya adalah 30 menit dan 60 menit. Analisis mutu natrium alginata yang dilalulan adalah meliputi rendemen Na-alginat, kadar abu total, viskositas dan derajat putih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rumput laut kering yang direndam dalam larutan HCl 1% selama 60 menit kemudian dilanjutkan perendamannya dalam larutan NaOH 0.5% selama 60 menit menghasilkan natrium alginata yang mempunyai derajat putih (48.4%), kadar air (16.9%), kadar abu (29.1%) dan viskositas (9.2 cPs), sedsangkan rendemennya (23.2%) lebih tinggi dibandingkan dengan perlakuan lainnya. Rumput laut coklat yang direndam dalam asam khlorida 1% mempunyai rendemen lebih tinggi dari pada yang direndam dalam asam klorida 0.5%, sedangkan viskositasnya sebaliknya.


Jovita Tri Murtini, Yunizal, dan Jamal Basmal. 2000. Pengaruh Kadar Asam Klorida dan Sodium Hidroksida Serta Waktu Perendaman Rumput Laut Sargassum ilicifolium Terhadap Mutu Dan Rendemen Natrium Alginat. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Diseminasi Teknologi Budidaya Laut dan Pantai, Jakarta 2 Desember 1999. Pusat Penelitian dan Pengembangan Perikanan Bekerjasama dengan Japan International Cooperation Agency (JICA ATA – 379). Halaman : 333 – 338.

No comments: