Thursday, December 28, 2006

Penelitian pengaruh umur panen rumput laut (Sargassum filipendula) terhadap mutu fisiko kimia natrium alginat yang dihasilkannya.

Penelitian tentang pengaruh umur panen rumput laut coklat (Sargassum filipendula) terhadap mutu fisiko-kimia natrium alginat yang dihasilkannya telah dilakukan. Bahan baku yang digunakan pada penelitian ini adalah rumput laut coklat (Sargassum filipendula) yang dipanen dari hasil budidaya rumput laut coklat dengan menggunakan rakit. Budidaya rumput laut coklat tersebut diadakan di perairan Binuangeun (Provinsi Banten). Rumput laut coklat yang dibudidayakan dengan rakit terdiri dari 2 macam, yaitu rumput laut coklat utuh (panjang thallus 15 – 20 cm) dan rumput laut coklat yang telah dipotong-potong dengan ukuran panjang thallus 10 – 15 cm. Kedua kelompok rumput laut tersebut setiap bulan dipanen, kemudian dicuci dengan air tawar bersih, langsung dijemur dengan sinar matahari hingga kering. Ektraksi Na-alginat yang dilakukan berdasarkan kepada hasil penelitian yang sudah dihasilkan pada penelitian sebelumnya. Analisis mutu fisiko-kimia yang dilakukan terhadap Na-alginat yang dihasilkan pada setiap perlakuan adalah rendemen rumput laut coklat kering, rendemen Na-alginat, kadar air, kadar abu, viskositas dan rata-rata pertumbuhan rumput laut coklat setiap bulan. Hasil penelitian menunjukkan bahawa kecepatan pertumbuhan dari rumput laut coklat yang dibudidayakan dengan cara pertama hasilnya lebih baik dibandingkan dengan cara kedua. Rumput laut coklat yang dibudidayakan dengan cara pertama dari berat 3,4 kg pada awal penanaman menjadi 13,6 kg setelah 3 bulan dengan viskositas Na-alginat yang dihasilkan dari 280 cps menjadi 2050 cps, sedangkan budidaya yang kedua berat rumput laut coklat awal adalah 3,8 kg menjadi 8,5 kg setelah 3 bulan budidaya dan viskositas dari Na-alginat yang dihasilkan menjadi 2000 cps setelah 3 bulan budidaya.


Nurul Hak dan Tazwir. 2004. Pengaruh Umur Panen Rumput Laut Coklat (Sargassum filipendula) Terhadap Mutu Fisiko-kimia Natrium Alginat Yang Dihasilkannya. Buletin Teknologi Hasil Perikanan, Departemen Teknologi Hasil Perikanan, Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor, Volume VII Nomor 1 Tahun 2004. Halaman : 80 – 91.

No comments: