Thursday, December 28, 2006

Pengaruh Konsentrasi Bahan Pemucat Dan Jenis Bahan Pengendap Terhadap Kualitas Natrium Alginat Yang Dihasilkan Dari Rumput Laut Coklat Sargassum fili

Penelitian perbaikan kualitas Na-alginat telah dilakukan dengan menggunakan tiga konsentrasi hidrogen peroksida (H2O2), yaitu 3% (v/v), 6% (v/v) dan 9% (v/v) yang kemudian diendapkan menggunakan dua jenis bahan pengendap yaitu natrium karbonat (Na2CO3) 5% (b/v) dan natrium hidroksida (NaOH) 5% (v/v). Jenis rumput laut yang digunakan pada penelitian ini adalah rumput laut coklat genus Sargassum filipendula C. Agath. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi H2O2 berpengaruh nyata terhadap derajat putih, kandungan logam Pb, Hg dan tidak berpengaruh nyata terhadap rendemen, kekentalan, kadar susut pengeringan, kadar abu dan kandungan logam As. Sedangkan jenis bahan pengendap berpengaruh nyata terhadap rendemen, derajat putih, logam berat (Hg) dan tidak berpengaruh nyata terhadap parameter mutu lainnya. Kombinasi perlakuan terbaik ditemukan pada penggunaan H2O2 6% dengan jenis bahan pengendap NaOH 5% yang menghasilkan rendemen sebesar 13.5%, kekentalan 237.8 cps, kadar susut pengeringan (CAW) 14.5%, derajat putih 53.7%, kadar abu 25.3%, kandungan logam berat As = 1.083 x 10-3 ppm, logam Pb = 0.24 mg/l dan kandungan logam Hg sebesar 0.0015 mg/lt.



Yunizal, Tazwir, dan Thamrin Wikanta. 2000. Pengaruh Konsentrasi Bahan Pemucat Dan Jenis Bahan Pengendap Terhadap Kualitas Natrium Alginat Yang Dihasilkan Dari Rumput Laut Coklat Sargassum filipendula C.Agath. Laporan Teknis Penelitian Tahun 2000. Pusat Riset Pengolahan Produk dan Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan, Badan Riset Kelautan dan Perikanan, Jakarta 2000.

No comments: